Minggu, 11 November 2012

Ouya: Konsol Game Dengan OS Android Seharga $99

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna yang mulai berpaling dari konsol game tradisional dan mulai menggunakan tablet atau smartphone sebagai konsol game favorit mereka, seorang eksekutif di industri game berkeinginan untuk mengembalikan sensasi gaming untuk kembali ke habitat awal mereka: TV di ruang keluarga.
Sebuah perusahaan startup baru yang dipimpin oleh mantan eksekutif IGN Julie Uhrman kini sedang aktif menggalang dana via website crowd-funding Kickstarter untuk mengembangkan Ouya, sebuah konsol game untuk layar TV seharga $99. Konsol yang menggunakan OS Android ini akan dilengkapi dengan sebuah prosesor Tegra 3, 1GB RAM, flash storage 8GB, HDMI output, Wi-Fi, Bluetooth 4.0 serta sebuah port USB 2.0.
Konsol ini juga akan dibundling dengan sebuah wireless controller yang dilengkapi dengan 2 buah analog stick, sebuah D-pad, 8 buah tombol serta sebuah touchpad untuk memungkinkan para pengguna memainkan game yang diporting dari smartphone atau tablet.
Ouya ini akan bersifat benar-benar terbuka (open-source) dan tim Ouya mendorong para developer untuk berlomba-lomba dalam melakukan hacking terhadap konsol ini tanpa perlu khawatir akan melanggar ketentuan garansi yang mereka berikan. Ouya juga akan menghadirkan dukungan untuk model gaming F2P (free-to-play) serta mengijinkan para publisher game untuk menjalankan micro-transactions/in-app purchase.


Proyek OUYA Sukses Dapatkan Dukungan Dana $8,5 Juta Dalam 1 Bulan

Dalam 1 bulan terakhir, hampir seluruh situs berita teknologi internet selalu menyempatkan diri untuk meliput perkembangan dari OUYA, sebuah proyek konsol gaming dengan OS Android yang digagas via website Kickstarter.
Dengan spesifikasi meliputi prosesor Tegra 3, 1GB RAM, konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth serta resolusi full HD 1080p, hackability tanpa batas dan harga yang sangat terjangkau (hanya $99 saja), maka tak heran jika proyek ini mampu mencapai target dukungan dana sebesar $1 juta hanya dalam kurun waktu 24 jam saja.
Dukungan untuk proyek tersebut masih terus berlanjut, seiring dengan konfirmasi dari Square Enix yang bersedia menghadirkan Final Fantasy III untuk konsol tersebut. OnLive juga menyatakan kehadiran dukungannya, yang berarti bahwa sekalipun aplikasi pihak ke-3 dari para developer masih sangat minim, Anda akan tetap bisa memainkan begitu banyak game yang bisa Anda akses via OnLive. XBMC yang merupakan salah satu aplikasi streaming terbaik juga tak mau ketinggalan untuk memberikan dukungan.
Dan dalam kurun waktu 1 bulan pasca pengumumannya, hasil total dukungan dana untuk proyek OUYA sukses mencapai $8.596.475!
Melihat kesuksesannya untuk melampaui target, bahkan hingga 900 persen dari target awal jelas mengindikasikan masa depan yang cerah untuk kehadiran perangkat ini. Gelombang pertama dari OUYA yaitu developer edition kemungkinan siap beredar pada bulan desember 2012, dan jadwal edar untuk umum adalah bulan Maret 2013.

0 komentar:

Posting Komentar